Sejumlah senimawati tari menari 'Sengsem Wiji Cemeng' pada
pembukaan Festival Kopi Temanggung. (Foto: Zaini A)
TEMANGGUNGZONE - Untuk memasarkan produk kopi Temanggung, pada 2017 nanti Pemkab Temanggung akan mendirikan gerai khusus di sejumlah negara di eropa dan asia, seperti Jerman, Singapura, Malaysia, Jepang dan Amerika Serikat.

Kopi arabika dan robusta di Temanggung  telah memiliki Indeks Geografis (IG) sebagai bukti kualitas kopi terbaik yang diakui dunia. Produsen kopi diharapkan melampirkan logo IG itu pada kemasan produk dan menjaga kualitas kopi yang diproses.

Dalam acara Festival Kopi pada Minggu (25/12/2016) kemarin, Bupati Temanggung mengemukakan pada 2017 juga akan digelar pelatihan ekspor kopi bagi pelaku usaha dan masyarakat kopi di Temanggung. Penguasaha kopi, Ardhi Wiji mengatakan kopi Temanggung akan dikenal dari daerah pemberangkatan ekspor, sayang selama ini kopi Temangggung diekspor melalui Semarang, Malang, Surabaya dan Bandung. Ini yang menyebabkan kurang dikenal. Padahal diperkirakan kopi Temanggung menguasai sekitar 60 persen ekspor dari Jateng. 

Dia menyampaikan ada aset tanah milik pemkab yang kurang dimanfaatkan di Kecamatan Pringsurat, lahan yang berada di jalan Raya Semarang - Yogyakarta itu lebih baik dimanfaatkan sebagai gudang sekaligus pusat penjualan kopi Temanggung. Jadi mobil kontainer tidak perlu masuk ke Temanggung. Petani mengirim kopi ke tempat tersebut dan nanti pemberangkatan ekspor dapat dari tempat itu.

source : krjogja.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
temanggungzone © 2016. All Rights Reserved.
Top