Temanggungzone - Balai Arkeologi (Balar) Yogyakarta segera menurunkan tim untuk meneliti temuan benda diduga candi di Dusun Cangaan, Karanggedong, Ngadirejo, Temanggung, Jawa Tengah (Jateng).

Dugaan awal, candi yang ditemukan di tengah persawahan itu merupakan peninggalan zaman Mataram Hindu.

Seorang peneliti Balar Yogyakarta, Sugeng Riyanto mengatakan, Balar telah menerima surat dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung yang berisi keterangan mengenai penemuan benda-benda berupa bebatuan yang membentuk kemuncak sebuah candi Hindu di sebuah persawahan di lereng Gunung Sindoro. Benda-benda itu ditemukan petani saat mencangkul untuk penanaman komoditas pertanian.

"Surat sudah diterima, Balar segera terjunkan tim untuk meneliti temuan candi," katanya, seperti dikutip dari KRjogja, Senin (/7/11/2016).

Ia mengatakan, dalam surat Pemkab Temanggung juga disertai foto-foto. Dilihat dari foto tersebut, kesimpulan awal benda-benda itu membentuk kemuncak sebuah candi dan bentuknya telah relatif sempurna dibanding dengan temuan di Situs Liyangan.

Benda tersebut menyerupai benda-benda serupa yang ditemukan di sekitar wilayah itu, sehingga dugaan awal peninggalan zaman Mataram Hindu, meski begitu, pihaknya tidak berani memberi statemen lebih jauh sebab diperlukan penelitian yang mendalam.

Tugas tim, katanya, hanya meneliti pada tahap awal, belum sampai ekskavasi, karena membutuhkan perencanaan yang mendalam termasuk mempersiapkan sumberdaya seperti pembiayaan dan tenaga ahli.

"Nanti benda-benda diteliti dari bentuk, materi yang digunakan, dan meninjau lokasi temuan," ujar dia.

Sementara, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga, Temanggung, Didik Nuryanto menambahkan, telah melaporkan temuan kemuncak candi pada Balar dan BPCB untuk kemudian akan ditindaklanjuti dengan penelitian. Hanya saja untuk ekskavasi dimungkinkan masih jauh, sebab diperlukan perencanaan yang matang dan detail. "Yang terdekat akan ditinjau dan ada penelitian permulaan," katanya.

Menurutnya, temuan kemuncak candi itu semakin menguatkan bahwa sisi Timur lereng Gunung Sindoro, yang kini menjadi Kabupaten Temanggung, merupakan salah satu pusat peradaban pusat dan pusat pemerintahan.

"Temuan kemuncak ini, menambah khasanah budaya di Temanggung, dan kuatkan daeah ini pusat pemerintahan," katanya.

Source okezone news

0 komentar:

Posting Komentar

 
temanggungzone © 2016. All Rights Reserved.
Top