Temanggungzone - Pemerintah Kabupaten Temanggung berencana menggelar kontes kopi setiap tahun. Hal ini untuk menunjang kemajuan produksi kopi di wilayah lereng Gunung Sumbing-Sindoro. Kontes ini akan menghadirkan kopi-kopi hasil pertanian masyarakat baik robusta maupun arabika.

Kepala Disperindagkop dan UMKM Kabupaten Temanggung, Rony Nurhastuti mengatakan, pihaknya memakai istilah kontes, agar secara psikologi lebih dekat dengan masyarakat, dengan petani dan lebih dekat dengan industri-industri rumah tangga. Kontes itu untuk terus mencari kopi Temanggung terbaik yang dapat bersaing pada industri di tingkat nasional maupun internasional.

“Kita pakai istilah kontes bukan festival biar lebih dekat masyarakat, tani, dan industri rumah tangga. Dimulai kontes tingkat Temanggung untuk mengangkat potenis kopi kopi lokal yang belum terangkat. Tapi tidak menutup kemungkinan suatu saat akan membuat kontes kopi se Indonesia,”ujarnya kemarin.

Dikatakan, bagi para pemenang kontes kopi akan difasilitasi untuk perijinan-perijinannya, sertifikasi halal, dan difasilitasi Hakinya, dan SNI kopi. Dengan demikian, kopi dari para petani yang merujuk kepada UMKM akan dipermudah dalam hal penjualan di pasaran. Petani dan penguasaha kecilpun kemudian akan ikut berkompetisi dalam industri perdagangan sehingga tidak hanya menjadi penyuplai bahan atau sekadar menjadi penonton pasif.

Jika pemasyarakatan kopi Temanggung ini bisa berjalan dengan baik, maka diharapkan pula perekonomian masyarakat akan terdongkrak dengan berdikari.

Sebagaimana diketahui kopi Temanggung baik arabika maupun robusta dikenal memiliki kualitas baik sehingga digemari hingga ke mancanegara. Langkah lain promosi kopi juga akan menggandeng desa-desa wisata yang ada di Temanggung.

“Pemerintah Kabupaten Temanggung sendiri berharap kelak masyarakat Temanggung baik di restoran hingga angkringan jika menikmati minuman kopi merupakan kopi hasil pertanian Temanggung sendiri. Dengan begini selain di jual hingga keluar negeri, seluruh Kabupaten Temanggung kalau jual kopi hingga minumannya ya kopi asli Temanggung,”katanya.

Source suaramerdeka.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
temanggungzone © 2016. All Rights Reserved.
Top