TEMANGGUNGZONE - Temanggung merupakan Kota yang memiliki potensi alam beraneka ragam. Salah satu nya adalah Kopi dengan khas berbeda dari Kopi lainnya sehingga Negara Korea Selatan pun berminat membeli kopi dari Temanggung karena rasa kopi arabika Temanggung cocok dengan selera penikmat kopi di negeri ginseng tersebut.

"Tindak lanjut kerja sama Kementerian Koperasi dan UKM, baru-baru ini ada tiga kepala daerah yakni Bupati Temanggung, Wali Kota Bandung dan Wali Kota Denpasar sepakat untuk kerja sama dengan Korea Selatan," kata Bupati Temanggung Bambang Soekarno, Jumat (6/8).

Ia mengatakan untuk sementara Kementrian Koperasi dan UKM baru menunjuk Kabupaten Temanggung, Kota Bandung, dan Denpasar untuk melakukan kerja sama dengan Korea Selatan, karena ketiga daerah ini penghasil kopi berkualitas.

"Kemungkinan ke depan berkembang ke daerah lain, terutama daerah penghasil kopi di Indonesia juga mempunyai kesempatan yang sama. Saat ini baru tiga daerah tersebut," katanya.

Menurut dia kerja sama tersebut tidak hanya menguntungkan petani kopi saja, melainkan juga menguntungkan negara Korsel. Mereka akan mendapatkan biji kopi pilihan dengan kualitas yang baik.

Ia mengatakan saat ini baru kopi arabika saja yang diminta oleh Korsel. Ke depan pihaknya juga akan promosikan kopi robusta asal Temanggung, karena kualitas kopi robusta Temanggung juga tidak kalah dengan kopi robusta dari daerah lain.

"Beberapa waktu lalu Belgia juga datang ke Temanggung, Amerika juga ada niat untuk mengambil kopi Temanggung. Tetapi saat ini yang sudah pasti baru dari Korsel," katanya.

Ia mengatakan sementara ini belum ada kepastian berapa ton yang dibutuhkan oleh Korsel, kerja sama baru sebatas kepastian pengambilan kopi dari Kabupaten Temanggung, Kota Denpasar dan Bandung.

Source: Okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
temanggungzone © 2016. All Rights Reserved.
Top