Ilustrasi nyamuk Aedes aegypti, source: demamberdarah.org
TEMANGGUNGZONE - Kabupaten Temanggung harus waspada demam berdarah. Pasalnya Dinkes setempat menyatakan bahwa dua daerah, yakni Pagergunung Pringsurat dan Ngijingan Kedu mengalami kejadian luar biasa (KLB) sebab sebagian warganya terserang penyakit demam berdarah dengue (DBD). Tercatat ada 13 kasus DBD di Pagergunung dan sekarang tinggal satu orang yang masih dirawat di rumah sakit, sementara lima orang di Nginjingan.

Sukamsih selaku Kasi Pengamatan dan Pencegahan Penyakit, Bidang Pengamatan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, (6/6), mengatakan pihaknya terus memantau perkembangan kasus DBD di kedua daerah tersebut, untuk Pagergunung telah dilakukan pengasapan, sedangkan untuk Ngijikan belum dilakukan karena laporan baru saja masuk dan jika memang diperlukan juga akan dilakukan pengasapan.

"Dari Januari hingga pertengahan Mei 2016, di Temanggung terdapat 204 kasus DBD", tambah Sukamsih

Ia juga mengungkapkan bahwa ada 6 daerah endemik DBD di Kabupaten Temanggung, yakni Pringsurat, Kranggan, Temanggung, Kedu, Parakan, dan Ngadirejo.

"Untuk mengantisipasi berkembangnya nyamuk Aedes aegypti, masyarakat dihimbau agar selalu melakukan pemberantasan sarang nyamuk serta menguras dan menutup bak air dan mengubur barang-barang bekas", pungkas Sukamsih.

Source: Republika.co.id
Editor: Apr

0 komentar:

Posting Komentar

 
temanggungzone © 2016. All Rights Reserved.
Top